Berita

Ziarah & Wisata Religi Kelompok Manakib GP Ansor Dluwak Jati Plantungan Kendal

jati.desa.id - Ziarah dan Wisata Religi dengan tujuan Kudus, Lasem dan Tuban jawa timur. (29 September 2019) wisata diselenggarakan oleh generasi muda Nahdlatul Ulama/ GP Anshor dusun dluwak dengan kelompok manakib dan sholawat sebagai panitia.

      

Wisata religi dan ziarah ini diikuti oleh sebagian besar anggota kelompok manakib dusun dluwak dan diikuti juga masyarakat yang berminat ikut wisata religi dan ziarah, namun dengan keterbatasan tersedianya kursi dari bagian transportasinya sehingga banyak masyarakat yang akan mengikuti terpaksa tidak bisa tertampung untuk ikut kegiatan ini. 

             

Tujuan wisata religi dan ziarah ke kudus, lasem rembang dan tuban jawa timur ini mengunjungi makam almarhum mbah kyai haji Ahmad Basyir (kudus), almarhum kyai haji mbah Sambu atau dengan sebutan lain Sayyid Abdurrohman (Lasem Rembang), Masjid bawah tanah/Masjid Aschabul Kahfi Perut Bumi Al Maghribi yang juga disebut Syeh maulana Maghribi (Tuban jawa timur), Goa Akbar (Tuban jawa timur) serta Syaikh Maulana Makhdum Ibrahim/Sunan Bonang (Tuban jawa timur).

    

Kegiatan pertama :

Mengawali ziarah ke masjid bawah tanah/Masjid Aschabul Kahfi Perut Bumi Al Maghribi Tuban jawa timur dengan lokasi tepatnya desa gedongombo kecamatan semanding tuban jawa timur. disini pengunjung ziarah diharuskan, melepas alas kaki/sendal/sepatu dan harus dibawa pengunjung sendiri karena jika tidak pengunjung sendiri akan kebingungan mencari alas kaki yang ditinggal sebab untuk keluar dari lokasi dengan pintu yang berbeda. acara diisi dengan baca tahlil dan do'a bersama yang dipandu oleh Ustad Kyai Shofiyullah.

Dilanjutkan dengan penjelasan sejarah tentang masjid bawah tanah ini disampaian oleh asisten Gus Samsul Anam selaku pengelola masjid bawah tanah dengan penjelasannya:  '' .................. ''.    

Kegiatan kedua :

Kegiatan selanjutnya menuju tempat wisata ke Goa Akbar, Goa ini tidak jauh dengan tujuan pertama (masjid bawah tanah) sekitar 7 menit/1.2 km untuk sampai goa akbar ini dengan menggunakan ojek/becak. goa ini terletak di semanding, jarkali, gedongombo kec. tuban kab. tuban jawa timur. 

     

Goa ini sangat indah dengan lorong-lorong goa alami, goa ciptaan tuhan yang sangat mengagumkan dengan dinding-dinding dan atap goa yang dengan bentuk beraneka ragam serta danau-danau kecil didalam goa menambah indahnya suasana sehingga bagi pengunjung yang baru pertama berkunjung pasti akan terpukau dengan segala kelebihan goa ini.

    

Didalam goa akbar ini tertulis pada papan informasi terdapat jalan sepanjang kurang lebih 1200m untuk  sampai pada lorong goa terahir. bagi pengunjung harus melalui jalan yang telah disediakan dan dilarang melompat pembatas yang ada (menerobos) dan tidak boleh berbicara yang jorok/bicara yang tidak sopan. Jalan didalam goa juga dilengkapi pembatas jalan untuk samping kiri dan kanan sehingga membuat nyaman bagi pengunjung yang datang.

Kegiatan ke tiga :

Ziarah makam Sunan Bonang/Syaikh Maulana Makhdum Ibrahim, jl. Kh Mustain Kutorejo Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban Jawa timur. Sunan Bonang adalah salah satu wali dari wali sembilan. disini peziarah diharuskan melepas alas kaki dan harus tertib serta sopan dalam melaksanakan kegiatan ziarah ini. acara baca tahlil dan do'a bersama dipandu oleh ustad kyai Shofiyullah.

      

Kegiatan ke empat :

Dalam melaksanakan ziarah/kegiatan yang ke empat adalah berkunjung ke makam Mbah Sambu/ Sayyid Abdurrohman Lasem tepatnya belakang masjid jami mahbong karangturi kecamatan lasem kabupaten rembang. acara sama dengan kegiatan-kegiatan sebelumnya yaitu baca tahlil serta Do'a bersama

    

Kegiatan ke lima :

Kunjungan ziarah ke lima atau yang terakhir adalah ke makam mbah Kyai haji Ahmad Basyir Kudus tepatnya jekulo kudus. acara sama seperti kegiatan sebelumnya yaitu baca tahlil dan doa bersama untuk mendoakan arwah almarhum.

Share :

Cuaca Hari Ini

Sabtu, 25 Mei 2024 14:55
Hujan Rintik-rintik
32° C 32° C
Kelembapan. 83
Angin. 2.18