Kegiatan

Reorganisai Kelompok Tani Makmur 2

Kelompok tani adalah kumpulan petani/peternak/pekebun yang dibentuk atas dasar kesamaan kondisi lingkungan dan keakraban untuk peningkatan pengembangan usaha. Kelompok tani sebagai pelaku utama menjadi salah satu kelembagaan pertanian yang berperan penting dan menjadi ujung tombak dalam pembangunan pertanian.

Ciri Kelompok Tani

  • Saling mengenal, akrab, saling percaya diantara sesama anggota
  • Mempunyai pandangan dan kepentingan yang sama dalam berusaha tani
  • Memiliki kesamaan dalam tradisi, pemukiman, hamparan usaha, jenis usaha, status ekonomi maipun sosial.
  • Ada pembagian tugas dan tanggungjawab sesama anggota berdasarkan kesepakatan bersama.

Fungsi  Kelompok Tani :

  1. Kelas Belajar : merupakan tempat atau wadah belajar mengajar sesama anggota dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap anggota untuk tumbuh dan berkembang dalam berusaha meningkatkan produktivitas, pendapatan dan kehidupan yang sejahtra.
  2. Wahana kerjasama : merupakan tempat memperkuat kerjasama, baik antara sesama anggota kelompok tani pun juga sesama kelompok tani atau pihak lain, sehingga usahatani lebih efisien dan mampu menghadapi ancaman, tantangan.
  3. Unit Produksi : Usahtani dari setiap anggota kelompok merupakan satu kesatuan usaha yang dapat dikembangkan untuk mencapai skala ekonomi usaha dengan tetap menjaga kualitas, kuantitas dan keberlanjutan atau kontinuitas produksi.

Pembinaan kelompok dilaksanakan secara berkesinambungan dan tetap diarahkan pada upaya peningkatan kemampuan kelompok tani dalam melaksanakan fungsinya, dengan harapan kelompok tani mampu mengembangkan usahatani dan kelembagaan petani yang kuat dan mandiri.

Peran dalam Perencanaan Suatu Usaha Tani

  1. Kelas Belajar
  2. Merencanakan kebutuhan belajar
  3. Merencanakan dan mempersiapkan pertemuan/musyawarah
  4. Wahan Kerjasama
  5. Merencanakan pemanfaatan sumberdaya (pelaksanaan rekomendasi teknologi) agar didorong untuk melakukan kegiatan usaha yang dikelola untuk kepentingan bersma-sama
  6. Merencanakan kegiatan pelestarian lingkungan
  7. Unit Produksi
  8. Memiliki kemampuan menyususn RDK dan RDKK
  9. Memiliki kemampuan dalam merencanakan kegiatan usaha (Usaha berdasarkan analisa usaha, peningkatan usaha kelompok, produk sesuai permintaan pasar, pengelolaan dan pemasaran hasil, penyediaan jasa)

Kemampuan Dalam Pelaksanaan

Kelas Belajar

  1. Melaksanakan proses pembelajaran secara kondusif
  2. Melaksanakan pertemuan dengan teratur

Wahan Kerjasama

  1. Melaksanakan kerja sama

Melaksanakan kegiatan pelestarian lingkungan

  • Melaksanakan pembagian tugas, menerapkan kedisiplinan kelompok
  • Melaksanakan dan menaati kesepakatan anggota
  • Melaksanakan penadministrasian pencatatan kegiatan kelompok

Unit Produksi

  1. Melaksanakan pemanfaatan sumberdaya secara optimal
  2. Melaksanakn RDK dan RDKK
  3. Melaksanakan kegiatan usahatani bersama
  4. Melaksanakan penerapan teknologi

Kepemimpinan dalam Kelompok

Kelas Belajar

  1. Mengembangkan keterampilan dan keahlian anggota dan pengurus kelompok tani
  2. Mengembangkan kader-kader pemimpin
  3. Meningkatkan kemampuan anggota untuk melaksanakan hak dan kewajiban

Wahan Kerjasama

  1. Meningkatkan hubungan kerjasama dalam pengembangan organisasi
  2. Meningkatkan hubungan kerjasama dalam pengembangan usahatani

Unit Produksi

  1. Mengembangkan usaha kelompok
  2. Meningkatkan hubungan kerjasama dengan mitra usaha

*

*

*

*

*

Share :