Kegiatan

KOORDINASI PELAYANAN KESEHATAN REMAJA

Koordinasi pelayanan kesehatan remaja yang diselenggarakan oleh UPTD Puskesmas Plantungan bekerja sama dengan Pemerintah Desa Jati hari ini Rabu 21/09/2022. Dengan pelaksanaan  koordinasi ini diharapkan bisa meningkatkan pelayanan bidang kesehatan bagi seluruh masyarakat desa dengan pengenalan bidang kesehatan yang memprioritaskan sasaran pada remaja. 

Pelayanan kesehatan yang diharapkan bisa dikenal dan difahami oleh generasi muda ataupun remaja yang ada di desa jati. Sedangkan koordinasi ini dihadiri perangkat desa, PKK, BPD, karang taruna, remaja IPNU dan IPPNU serta tokoh agama. 

Kegiatan kegiatan yang dilaksanakan pada bidang kesehatan saat ini dirasa masih kurang, remaja masih kurang dalam mengenal masalah kesehatan. Di desa juga masih belum terbentuk adanya posyandu remaja. Padahal ini sangat penting untuk dibentuk untuk dljalankan posyandu remaja ini, kedepan akan dibentuk posyandu remaja yang selanjutnya kader-kadernya akan diberi pelatihan oleh fihak puskesmas, posyansu merupakan bentuk upaya kesehatan beebasis masyarakat UKBM. 

Sasaran posyandu remaja adalah para remaja yang ada di desa dengan usia 10 sampai 19 tahun (versi dinkes) sedangkan usia10 sampai 23 (versi BKKBN). 

Manfaat disenggarakannya posyandu remaja adalah remaja memperoleh pengetahuan dan ketrampilan tentang kesehatan, reproduksi, kesehatan jiwa, napza, gizi, deteksi dini dan PTM

Posyandu remaja dibentuk oleh masyarakat dengan kader-kader yang diajukan untuk melaksanakan kegiatan dan bisa dilaksanakan secara rutin satu bulan sekali, jadwal pelaksanaan kegiatan posyandu remaja juga harus jelas/terjadwal. Posyandu remaja dibentuk dan disahkan dengan Keputusan Kepala Desa.