Berita

Kerja Bakti bersama masyarakat merapikan Bambu di area Pemakaman UMUM Dusun Dluwak Desa Jati

  • 16-02-2022
  • kelompok tani
  • 195

Indonesia memiliki beragam budaya komunal sejak dahulu, salah satunya gotong royong dalam melakukan kerja bakti. Kerja bakti merupakan kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk membuat lingkungan menjadi lebih baik dan memperindah lingkungan. Biasanya kerja bakti dilakukan setiap hari libur oleh masyarakat.

Dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar terutama area pemakaman umum  akan lebih maksimal jika masing-masing setiap warga sekitar juga berpartisipasi dalam menjaga kebersihan lingkungan tersebut. Seperti halnya jika warga sekitar mengadakan kegiatan gotong royong yang diadakan kurang lebih dua kali dalam dua minggu  yang mewajibkan seluruh warganya berpartisipasi jika tidak ada kepentingan lainnya.

Di sinilah pentingnya kerja bakti membersihkan lingkungan area Pemakaman umum . Kerja bakti membersihkan lingkungan Pemakaman Umum sebenarnya tidak terlepas dari tradisi masyarakat zaman dulu salah satunya tradisi kejawen. Salah satu tradisi kejawen yang biasanya masih banyak dilakukan pada masyarakat desa di Jawa adalah bersih desa, dengan nama dan cara yang tidak selalu sama. Tradisi ini juga ditemukan di salah satu daerah di Jawa yakni di Desa Dluwak Jati .

Kelebihan dan Kelemahan Kerja Bakti

Kelebihan Kerja Bakti

  1. Membuat suatu pekerjaan lebih ringan dan cepat selesai.
  2. Meningkatkan kekompakan antar warga.
  3. Membuat tali silaturahmi makin erat.
  4. Menghilangkan kesenjangan status antar warga yang miskin dan kaya.
  5. Membudidayakan hidup harmonis antar warga.
  6. Menumbuhkan rasa peduli dan kebersamaan antar sesama warga.

Kelemahan kerja bakti

  1. Akan terjadi atau akan ada kecemburuan sosial jika mungkin ada dari salah satu atau
  2. beberapa orang yang tidak melakukan kerja bakti atau hanya duduk- duduk saja.
  3. Karena tidak ada imbalan, terkadang banyak warga yang malas kerja bakti.
  4. Kerja bakti tidak akan maksimal, apabila yang mengikuti kegiatan kerja bakti hanya sedikit orang yang bekerja.
  5. Jika ada warga yang mementingkan diri sendiri dari pada kepentingan bersama, maka tujuan dari kerja bakti tersebut tidak bisa tercapai.
  6. Biasanya kerja bakti, yang bekerja hanya orang yang umurnya sudah tergolong tua, dalam arti seumur bapak bapak, dan jarang di temui anak muda yang ikut campur kerja bakti.

*

*

*