Kabar Desa


Kabar Desa Detail

HALLO HALLO HALLO CEGAH CORONA VIRUS DISEASE (COVID-19)

jati.desa.id -Langkah cepat dan tanggap akan mewabahnya COVID-19 (27/03/2020) Pemerintah Desa  Jati meaksanakan hallo hallo mengelilingi Desa memberikan himbauan, menyampaikan/membacakan edaran dan lainnya agar masyarakat lebih mengerti akan pentingnya pencegahan penyebaran COVID-19.

Bagaimana Cara Mencegah COVID-19?
Tindakan pencegahan untuk mengurangi kemungkinan infeksi antara lain tetap berada di rumah, menghindari bepergian dan beraktivitas di tempat umum, sering mencuci tangan dengan sabun dan air, tidak menyentuh mata, hidung, atau mulut dengan tangan yang tidak dicuci. Segera hubungi Pemerintah Desa atau faskes terdekat jika Anda mengalami gejala sakit atau memiliki riwayat perjalanan/berpergian dari Negara yang terjangkit.

Yuk, Lindungi Diri!

  • - Terapkan etika batuk atau bersin (dengan menutup mulut dan hidung). Jangan meludah sembarangan.
  • - Bersihkan benda yang sering disentuh.
  • - Gunakan masker jika Anda sakit dan segera lapor ke Desa atau fasilitas kesehatan terdekat
  • - Cuci tangan dengan sabun
  • - Konsumsi makanan bergizi dan olahraga
  • - Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang belum dicuci

Apa yang Harus Dilakukan Jika Mengalami Gejala Mirip COVID-19?

  • - Hubungi dan segera lapor ke Pemerintah Desa agar segera mendapatkan penanganan selanjutnya.
  • - Gunakan masker dan ganti secara berkala.
  • - Batasi kontak dengan orang lain dan tetap tinggal di rumah.

Video hallo hallo klik disini

Kenalan dengan COVID-19 (Copas dari corona.jatengprov.go.id)

Apa itu COVID-19?
Corona Virus Disease 2019 atau yang biasa disingkat COVID-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh SARS-CoV-2, salah satu jenis koronavirus. Penderita COVID-19 dapat mengalami demam, batuk kering, dan kesulitan bernafas.

Apakah COVID-19 Menular?
YA. Infeksi menyebar dari satu orang ke orang lain melalui percikan (droplet) dari saluran pernapasan yang sering dihasilkan saat batuk atau bersin. Jarak jangkauan droplet biasanya hingga 1 meter. Droplet bisa menempel di benda, namun tidak akan bertahan lama di udara. Waktu dari paparan virus hingga timbulnya gejala klinis antara 1-14 hari dengan rata-rata 5 hari. Maka, orang yang sedang sakit diwajibkan memakai masker guna meminimalisir penyebaran droplet.

Apa Penyebab COVID-19?
Sampai saat ini belum diketahui penyebab dari virus Corona, tetapi diketahui virus ini disebarkan oleh hewan dan mampu menjangkit dari satu spesies ke spesies lainnya, termasuk manusia. Diketahui virus Corona berasal dari Kota Wuhan di China dan muncul pada Desember 2019.

Bagaimana Gejala COVID-19?
Orang yang terinfeksi memiliki gejala ringan seperti demam, batuk, dan kesulitan bernafas. Gejala dapat berkembang menjadi pneumonia berat.

Bagi yang belum pulang kampung demi anak istri dan keluarga diharapkan tidak pulang.

 


Di postkan pada 2020-04-03 06:59:59 | Artikel Dikunjungi : 84x