Berita Jati

Partisipasi Dalam Peringatan Hari Santri Nasional

  • 25-10-2019
  • jati
  • 431

Hari Santri Nasional  ( HSN ) jatuh pada tanggal 22 Oktober setiap tahunnya. Peringatan ini, ditetapkan oleh Presiden pada tanggal 22 Oktober 2015 di Masjid Istiqlal Jakarta. Penetapan Hari Santri Nasional mendorong semangat jihad untuk para santri tentang keindonesiaan yang digelorakan para ulama.

Aspek lain yang melatarbelakangi penetapan HSN ini adalah pengakuan resmi pemerintah republik Indonesia atas peran besar umat Islam dalam perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan serta mempertahankan NKRI.

Peringatan Hari Santri Nasional kecamatan plantungan dipusatkan di desa wadas dengan agenda kegiatan lomba, pentas seni dan upacara, perlombaan diadakan satu minggu sebelum pelaksanaan upacara (22 Oktober 2019) dari berbagai jenis lomba lomba lomba tilawah, qosidah, paduan suara, marching band, kaligrafi, bulu tangkis, bola volly, gobak sodok, penyajian masakan / brownies, dll. dan jenjang peserta lomba dari berbagai kompetisi yaitu dari anak murid Taman kanak-kanak, madrasah ibtidaiyah, madrasah diniyah, madrasah tsanawiyah, fatayat, muslimat dan jenjang yang lain.

Peserta lomba dari desa jati mengikutsertakan siswa anak Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Diniyah, Fatayat dan Muslimat untuk mengikuti lomba yang diselenggarakan oleh panitia HSN kecamatan plantungan.

 

Upacara Peringatan Hari Santri Nasional Kecamatan Plantungan Dilaksanakan Dilapangan Jambangan Wadas Hari Selasa Tanggal 22 Oktober 2019 dengan peserta upacara dari anak-anak sekolah, para santri, pengurus ranting, IPNU / IPPNU, GP Ansor, fatayat, muslimat dari masing-masing ranting  se kecamatan .

Usai upacara dilaksanakan mengumumkan hasil lomba dan penyampaian piala serta hadiah untuk para pemenang di masing-masing jenis lomba yang telah dilaksanakan sebelum tanggal 22 oktober. dari berbagai jenis lomba dan lomba jenjang yang diikuti, desa jati meraih berbagai juara juara II qosidah fatayat, juara II MTQ fatayat, juara II bulu tangkis fatayat, juara II paduan suara fatayat, juara II marching band tingkat MI, juara harapan II sepabola mini tingkat MI, juara II paduan suara tingkat MI, juara II pidato putri tingkat MI, juara III pidato putra, juara II kaligrafi tingkat MI selamat untuk peserta dari desa jati dan para juara dari berbagai peringkat yang telah memborong banyak piala dan hadiah yang diraihnya semoga kedepannya bisa meraih prestasi yang lebih baik.

Acara Peringatan hari santri nasional selanjutnya adalah ceramah / pengajian serta doa untuk menutup semua acara yang telah dilakukan dengan lancar.